Penyebab penyakit Columnaris pada ikan adalah bakteri Flavobacterium columnare atau Fexibacterium columnare
Bio-Ekologi patogen:
• Bakteri gram negatif, berbentuk batang kecil, bergerak meluncur, dan terdapat di ekosistem air tawar.
• Sifat bakteri ini adalah berkelompok membentuk kumpulan seperti column.
• Serangan sering terjadi pada ikan pasca transportasi atau penyortiran.
• Sifat serangan umumnya sub akut, apabila insang yang dominan sebagai target organ, ikan akan mati lemas dan kematian yang ditimbulkannya bisa mencapai 100%.
Pencegahan
Dalam sertifikasi CPIB, dianjurkan setiap ikan yang baru dibeli ditampung terlebih dahulu dalam kolam karantina 1 atau 2 minggu untuk memastikan ikan tidak membawa penyakit. 
Penting untuk memiliki mineral yang memadai di dalam air kolam. Air yang cukup memiliki kandungan minral biasanya ditandai dengan kesadahan air (General Hardeness – GH) dan alkalinitas diatas 20 ppm, lebih baik bila 60 ppm. 
Hindari kepadatan tinggi diwadah dalam transportasi atau dipenampungan ketika melakukan penyortiran. Ikan dalam keadaan lemah ketika mereka dalam kondisi stress.
Hindari suhu air tinggi (diatas 26℃) ketika mengirim ikan atau dalam hapa penampungan ketika sortir. Karena bakteri flavobacterium penyebab penyakit Columnaris sangat cepat berkembang biak dengab suhu air tinggi. 
Baca juga halaman Mengenal Gejala Penyakit Columnaris
Pengobatan
Turunkan suhu air kolam sampai 24℃ untuk membantu memperlambat penyebaran penyakit. Untuk pengobatan penyakit ini, orang Amerika biasanya menggunakan kombinasi antibiotika dengan kandungan Kanaplex dan Nitrofurazon, dari merek obat ikan yang dibolehkan FDA. Diantaranya obat ikan tersebut adalah API Furan-2 atau Tetra Fungus Guard atau Jungle Fungus Clear. 
Kalau sulit mendapatkan obat dengan kandungan Kanaplex dan Nitrofurazon, bisa juga menggunakan antibiotik dengan kandungan minocycline. 
Menggunakan antibiotik dengan kandungan Erthyromycin atau Tetracycline atau Oxytetracycline untuk mengobati Columnaris sepertinya satu kesia-siaan. Karena obat tersebut untuk bakteri gram positif, sedangkan penyebab penyakit Columnaris bakteri negatif.
Pengobatan dengan Garam
Gunakan garam ikan dengan dosis 2 ppt (2 gram/liter air), aduk dulu dalam wadah sebelum ditebar rata ke kolam.  Setelah 12 jam, ulangi lagi tebar garam ikan dengan dosis yang sama. Sekarang salinitas air kolam berada level 4 ppt yang efektif untuk memberantas bakteri dan parasit. Sebagian besar ikan bermasalah dengan salinitas tinggi selama dua minggu. Ada beberapa ikan tidak tahan dengan salinitas tinggi. Bagaimana  dengan ikan Lele, mampukah bertahan dengan salinitas 4 ppt ? Ambil gelas, isi air, tuangkan 1 sendok teh garem ikan, aduk sampai larut, masukkan benih Lele 34, perhatikan sampai esok hari. (Salinitas 12 ppt)
Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bisa (membantu Anda yang sedang berurusan dengan penyakit yang sering menghantui ikan Lele, Moncong Putih atau Punggung Putih (Saddleback Disease) atau Columnaris atau Sudden Death (mendadak mati, kemarin sehat hari ini mati).