Rabu, 03 Oktober 2018

MENGAPA PAKAN LELE DARI AMPAS TAHU?

Sumber :http://www.yuriebsf.com/pakan-lele-dari-ampas-tahu/
Karena ampas tahu mengadung gizi yang lumayan baik untuk lele, harga per kg ampas tahu berkisar Rp1.000 sd Rp2.000.Pakan lele dari ampas tahu mengandung energi sebesar 414 kilokalori, protein 26,6 gram, karbohidrat 41,3 gram, lemak 18,3 gram, kalsium 19 miligram, fosfor 29 miligram, dan zat besi 4 miligram. Selain itu di dalam Ampas Tahu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ampas Tahu, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Strategi dan manajemen pakan yang baik akan membantu mengurangi biaya sehingga dapat meningkatkan efisiensi produksi dan untung usaha ternak lele. Di antara langkah-langkah strategis yang sudah dikembangkan saat ini adalah menghemat biaya pakan salah satunya memberikan pakan lele dari ampas tahu.
 

MEMBUAT PAKAN LELE DARI AMPAS TAHU

Siapkan bahan-bahan untuk pakan lele dari ampas tahusebagai berikut:
+ Ampas Tahu 25Kg
+ Dedak Halus 25Kg
+ Tepung Ikan 5Kg
+ Tetes Tebu/Molases 5liter
+ Probiotik(EM4-Perikanan) : 1.000ml
+ Ragi Tempe 10 sdm
Campur seluruh bahan dan aduk sampai merata, kemudian dimasukkan ke dalam drum/ember/kantong plastik yang diberi lobang udara dengan menggunakan selang untuk mengalirkan gas/udara yang ujungnya ditutup plastik atau bekas gelas air mineral tetapi jangan terlalu tertutup rapat(sebagian terbuka untuk keluar masuknya oksigen). Kemudian simpan dan dibiarkan selama +/- 4-5 hari agar terjadi proses fermentasi secara alami.
 SETELAH 4-5 HARI PAKAN LELE DARI AMPAS TAHU SUDAH BISA DIMANFAATKAN:
+ Pakan lele dari ampas tahu bisa diberikan langsung ke Lele dengan cara dikepalkan sehingga lele bisa mengkonsumsi secara langsung
+ Disarankan diberikan ke lele yang umurnya diatas 1 bulan dari penebaran ukuran benih 5-7/7-9, 
+ Pemberian pakan lele dari ampas tahu jangan bersamaan dengan pemberian pelet ikan
+ Prosentase pemberian pakan lele dari ampas tahu 5% dari Biomas Ikan (1,5 – 2 kali jumlah pemberian pakan pelet).
+ Frekuensi pemberian pakan lele dari ampas tahu ini bisa 2 – 3 kali sehari


PAKAN ALTERNATIF LAINNYA UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN LELE

Pakan lele dari ampas tahu bukan satu satunya cara memberikan pakan tambahan kepada ternak lele, masih banyak lagi cara lain jika ternyata di lingkungan anda tidak tersedia ampas tahu, Alternatif lainnya yaitu menyediakan maggot black soldier fly atau belatung bsf atau ulat bsf. Pakan alternatif yang satu ini sangat mudah di dapat dan diperbanyak, tapi ingat yang dimaksud bukan belatung dari lalat hijau yang membawa wabah penyakit, lalat BSF tidak membawa penyakit karena selama hidupnya tidak makanDownload GRATIS panduan lengkap cara mengumpulkan maggot secara otomatis  dan langkah-langkah cara memperbanyak maggot bsf. 


Seiring dengan majunya teknologi untuk memproduksi maggot juga semakin mudah dan tidak perlu jorok dan menjijikan lagi, berbagai media digunakan seperti bekatul, dedak, sampah dapur, sampah restoran, limbah peternakan, kotoran sapi, kotoran hewan lainnya. Kelemahan dari bahan media tersebut adalah anda akan disibukan dengan proses fermentasi dan biayanya menjadi mahal, bayangkan untuk menghasilkan satu kg maggot dengan media tersebut jika dihitung dengan nilai rupiah anda harus mengeluarkan biaya sebesar 8.000 sd 12.000 untuk satu kg maggot.
Sebagai peternak lele tentunya kita disibukan dengan usaha utama kita yaitu ternak lele, dan harus fokus agar hasil panen lele berhasil dengan hasil yang banyak. Kalau harus disibukan dengan kegiatan fermentasi dan kegiatan tambahan lainnya, ini akan berakibat terbengkalainya usaha utama yaitu ternak lele. Oleh karenanya peternak yang cerdas sekarang sudah beralih kepada media triple m , media triple m sangat sangat simple, langsung di pakai tanpa harus difermentasi lagi, murah dan hasil yang banyak. 

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Pakan Lele dari Ampas Tahu :
Nama Bahan Makanan : Ampas Tahu
Banyaknya Ampas Tahu yang diteliti (Food Weight) = 1000 gr 
Bagian Ampas Tahu yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Ampas Tahu = 4140 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ampas Tahu = 260,6 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ampas Tahu = 180,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Ampas Tahu = 410,3 gr


Jumlah Kandungan Kalsium Ampas Tahu = 190 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Ampas Tahu = 290 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Ampas Tahu = 40 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Ampas Tahu = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ampas Tahu = 0,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Ampas Tahu = 0 mg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  PENERAPAN CARA BUDIDAYA IKAN YANG BAIK (CBIB) PENERAPAN CARA BUDIDAYA IKAN YANG BAIK (CBIB) PADA UNIT USAHA BUDIDAYA CBIB - Cara Budidaya ...